Ujian Nasional Bagaimana nilai nilai pancasila dihayati dalam perjalanan sejarah bangsa indonesia

Bagaimana nilai nilai pancasila dihayati dalam perjalanan sejarah bangsa indonesia

Pancasila merupakan dasar negara Republik Indonesia. Dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, terdapat banyak nilai yang dihayati yaitu semangat juang dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Pembahasan:

Pancasila adalah pilar ideologi bangsa Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata Sansekerta. "pañca" berarti lima dan  "śīla" berarti prinsip atau prinsip. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima ideologi utama yang membentuk Pancasila adalah Lima Perintah Pancasila. Ideologi pokoknya tertuang dalam alinea ke-4 Pembukaan UUD 1945:

Pada masa perumusan Pancasila pada bulan Juni 1945, terjadi perubahan isi dan susunan sila Pancasila yang dibuat pada Tahap 1. Secara kolektif disebut hari lahirnya pengabdian kepada pancasila.

1 Maret 1945,  Badan Penelitian Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat Dalam sambutan pembukaannya, Dr Rajman menanyakan kepada anggota DPR apa dasar negara Indonesia yang akan kita dirikan.

Sebuah proposal pribadi diajukan kepada Departemen Riset Proyek Persiapan Kemerdekaan Indonesia untuk menetapkan Pancasila sebagai dasar nasional resmi. Muhammad Yamin merumuskan lima prinsip dalam pidatonya 29 Mei 1945. Rumusan tersebut meliputi nasionalisme, kemanusiaan, ketuhanan, demokrasi, dan kesejahteraan manusia. Ia mengatakan, lima sila yang dirumuskan  berakar pada sejarah panjang pembangunan Indonesia, peradaban, agama dan kehidupan ketatanegaraan. Namun, Mohammad Hatta meragukan pidato Yamin dalam memoarnya.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang wewenang pemerintahan brainly.co.id/tugas/47356070

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4